January 13, 2016

Momentum Da'i Muhammadiyah Untuk Mencerdaskan Bangsa

Baru - baru ini booming berita mengenai kelompok GAFATAR yang dicurigai sebagai kelompok ajaran sesat. Menanggapi hal ini Haedar Nashir ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan bahwa ini adalah momentum yang tepat untuk para da'i Muhammadiyah mencerdaskan bangsa dengan cara menyampaikan ajaran islam yang lurus atau benar. 

Beliau juga menyatakan apabila ditelusuri lebih dalam, hingga saat ini diperkirakan masih banyak organisasi-organisasi sempalan yang mengatasnamakan Islam dengan ajaran yang menyimpang. "Masih banyak kecil-kecil namun ada yang melakukan gerakan terang-terangan, ada yang memilih gerakan bawah tanah,"

Ormas atau kelompok sejenis itu, kata Haedar, biasanya muncul dan berkembang ketika situasi negara sedang mengalami titik perubahan akibat pengaruh globalisasi. "Pengaruh atau cuci otak kelompok seperti itu pertama-tama ditujukan khususnya pada orang-orang yang mengalami situasi labil, serta orang yang termarginalkan," kata dia. Oleh sebab itu, menurut dia serangan paham-paham menyimpang yang marak muncul akhir-akhir ini lebih efektif jika ditangkal dengan gerakan kultural yang mengutamakan upaya mencerdaskan masyarakat. "Alam pikir masyarakat perlu dicerdaskan sehingga tidak mudah terpengaruh dengan doktrin-doktrin yang menyimpang," tutup dia.

0 komentar :

Post a Comment